Kiat Atasi Sikap Posesif Berlebihan pada Pasangan

Kiat Atasi Sikap Posesif Berlebihan pada Pasangan

Jatuh cinta dapat menimbulkan perasaan yang beragam, salah satunya sikap posesif.

Dalam sebuah hubungan, rasa memiliki dan sayang yang begitu besar kerap menggiring menjadi pasangan yang terlalu protektif dan posesif.

Tak selalu bagus, perlakuan posesif kerap sedikit mengganggu bagi sebagian orang.

Karena itu, agar hubungan dengan pasangan tetap berjalan romantis dan dapat menumbuhkan rasa saling percaya, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi perasaan terlalu protektif dan posesif.

Tetap beri ruang untuk berekspresi Cobalah yang terbaik untuk tidak mencampuri urusan pasangan meski saat Anda dapat membantunya.

Ingatlah ia memiliki kehidupan yang berkembang sebelum bertemu dan Anda harus melakukan yang terbaik untuk memperbaikinya daripada membatasi dengan cara apapun.

Ini adalah satu-satunya cara untuk membangun hubungan yang sehat.

Tingkatkan rasa saling percaya Hindari menuduhnya berbohong atau membuatnya merasa bertanggung jawab dalam situasi apapun.

Ingatlah, tuduhan tak berdasar hanya akan membantu menjauhkan dan mendorongnya lebih jauh, yang bisa menjadi awal dari akhir hubungan.

Satu hal yang perlu menjadi catatan adalah ia sama sekali tidak memiliki tanggung jawab atas segala prasangka kosong dalam pikiran Anda.

Lebih dewasa Jika sudah mengidamkan hubungan yang sehat, kini waktunya untuk meninggalkan semua kebiasaan mendramatisir keadaan saat segala sesuatu berjalan tak sesuai kendali.

Sebagai contoh, jika pasangan membuat kekeliruan, alih-alih merasa rewel atau marah dan mendiamkannya karena ia meninggalkan Anda sendiri untuk beraktivitas dengan teman atau keluarganya, akan lebih bijaksana bila Anda melihat akar masalah terlebih dulu.

Gunakan pendekatan langsung dan bicarakan dengannya tentang apa yang Anda rasakan.

Mengekspresikan emosi dapat membantu menghindari perilaku pasif agresif dalam hubungan.

Berikan pengertian Jika ingin pasangan percaya, yang perlu dilakukan adalah Anda perlu terlebih dulu melakukan hal yang demikian padanya.

Sebagai contoh, jika pasangan mengeluh Anda telah mengasingkannya, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan Anda sendiri memiliki sistem pendukung dan lingkaran teman yang sehat di luar pasangan karena pada dasarnya rasa percaya tidak tumbuh dengan sendirinya.

Hal tersebut butuh stimulasi dan afirmasi positif dari setiap individu yang sedang menjalin hubungan.

Tetap luangkan waktu untuk bergaul dan menghabiskan waktu bersama teman Luangkan waktu yang sama untuk bergaul dengan teman-teman sehingga Anda tidak selalu bergantung sepenuhnya pada perhatian dan waktu pasangan sepanjang waktu.

Pertahankan persahabatan dan latihlah diri agar tidak terjebak dan berada dalam hubungan yang saling bergantung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *